Inilah Jenis-Jenis Sapi Berkualitas untuk Qurban Idul Adha

Inilah Jenis-Jenis Sapi Berkualitas untuk Qurban Idul Adha

Menjelang Hari Raya Idul Adha tentunya banyak orang yang ingin jual hewan qurban. Namun, sebelum Anda membeli hewan untuk kurban Idul Adha, Anda perlu mengetahui apa saja sih jenis sapi berkualitas untuk qurban Idul Adha? Nah, berikut berupakan beberapa jenis sapi berkualitas yang biasanya dicari untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha.

  1. Sapi Limousin

Jenis sapi qurban berkualitas yang pertama adalah sapi Limousin. Sapi Limousin merupakan sapi yang berasal dari bangsa Bos Turus yang dikembangkan di Perancis untuk pertama kalinya. Limousin merupakan jenis sapi pedaging yang lebih unggul dari sapi Simmental. Sapi ini memiliki warna  bulu coklat tua keciali di daerah ambing.

Sapi Liomousin merupakan jenis sapi yang panjang, besar, kompak, dan padat. Keunggulan dari sapi Limousin ini adalah pertumbuhannya yang sangat capat sehingga mempercepat pula proses penggemukannya. Sapi ini memiliki badan dan ukuran berat yang lebih tinggi dari jenis sapi pada umumnya. Itulah mengapa sapi ini sangat direkomandasikan untuk qurban Idul Adha.

  1. Sapi Simmental

Sapi Simmental meruupakan jenis sapi yang berasal dari daerah Simme di negara Switzerland. Sapi jenis ini memiliki perkembangan yang lebih cepat di daerah Eropa dan Amerikan dibandingkan dengan negara asalnya. Itulah mengapa sapi Simmental yang berada di daerah Eropa dan Amerika cenderung lebih besar daripada sapi Simmental dari daerah asalnya.

Sapi Simmental merupakan jenis sapi perah pedaging bewarna coklat kemerahan. Berat sapi Simmerntal jantan dan dewasa sendiri dapat mencapai 1150 kg sedangkan untuk sapi Simmental betina beratnya dapat mencpai 800kg. itulah mengapa sapi Simmental sangat diburu banyak orang untuk digunakan sebagai hewan qurban saat Hari Raya Idul Adha.

Inilah Jenis-Jenis Sapi Berkualitas untuk Qurban Idul Adha

  1. Sapi Brahman

Sapi Brahman merupakan jenis sapi dari keturunan sapi Zebu. Sapi ini berasal dari India dan masuk ke Amerika pada tahun 1974. Karakteristik dari sapi Brahman ini memiliki punuk yang besar serta berkulit longgar. Sapi ini juga memiliki gelambir di bagian bawah lehernya sehingga membuat kulit sapi ini menjadi berlipat-lipat.

Sapi Brahman termasuk ke dalam sapi potong dengan persentase kakasnya mencapai 45%. Sapi ini juga tidak telalu selektif terhadap pakan yang diberikan. Sapi Brahman cenderung memiliki daya tahan tubuh yang kuat terhadap gigitan camoak dan nyamuk sehingga sapi jenis ini cenderung memiliki tubuh yang sehat dan berkualitas untuk dijadikan sebagai hewan qurban.

  1. Sapi Bali

Jenis sapi berkualitas untuk qurban Idul Adha selanjutnya adalah sapi Bali. Sesuai dengan namanya, sapi Bali berasal dari negera Indonesia. Sapi ini merupakan jenis sapi yang dihasilkan dari persilangan banteng Bibos. Sapi Bali sendiri sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia sehingga sangat mudah untuk dijumpai di Indonesia.

Karakterisik jenis sapi Bali adalah untuk sapi betina dan anak sapi cenderung berwarna merah keemasan. Sedangkan untuk sapi jantan memiliki warna kitit hitam. Selain itu, sapi jenis ini memiliki presentasi kakas sebesat 53% hingga 57%. Sapi Bali juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat terhadap serangan penyakit sehingga sangat cocok untuk dijadikan hewan qurban.

Nah, di atas merupakan beberapa jenis sapi berkualitas untuk qurban Idul Adha. Bagaimana, Anda masih merasa bingung jenis sapi apa yang harus Anda beli? Anda tak perlu merasa bingung karna pada zaman yang semakin modern ini banyak orang yang jual hewan qurban berkualitas menjelang Hari Raya Idul Adha baik secara online mapupun secara tradisional.

shares