Starup lokal

Membuat startup sendiri itu gampang, ini dia tips-tips mudahnya!

Telah digelar di 3 kota, Surabaya, Semarang, dan Denpasar, The NextDev 2018 sebagai platform early stage startup di Indonesia menjadi saksi lahirnya banyak sekali startup baru yang potensial. Kesempatan seluas-luasnya pun diberikan untuk mendukung perkembangan startup yang seringkali masih berupa ide, gagasan, maupun konsep.

Membangun startup memang cukup menantang, tapi bermodal semangat dan kemauan untuk belajar, ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Untuk membuat startup mulai dari nol, ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan.

Awali dari ide sederhana

Terkadang startup yang sukses berasal dari ide yang sederhana bahkan dianggap sepele. Seperti Travis Kalanick dan Garrett Camp yang membangun Uber setelah mengalami kesulitan untuk memesan taksi. Mereka meyakini jika hal ini merupakan masalah yang dialami oleh masyarakat lain sehari-hari dan terdorong untuk menyelesaikannya lewat startup. Mulailah memikirkan konsep yang menurutmu bisa memberikan solusi dan membawa social impact dengan bantuan teknologi.

Temukan partner yang tepat

Setelah mendapatkan ide, temukan seseorang yang punya visi dan misi yang sama dalam membangun startup bersama-sama. Hal ini sangat penting untuk mengembangkan startup dari nol, karena kamu akan mengalami banyak kesulitan jika hanya menjalankannya sendirian. Cari partner yang tepat dari lingkungan terdekat, seperti teman atau seseorang yang kamu temui di event-event startup lainnya.

Perlahan tapi pasti

Tidak harus memiliki banyak anggota tim atau dana besar untuk mendirikan startup. Terkadang, kesuksesan startup dibangun dari hal-hal kecil, misalnya membuat aplikasi atau website sederhana yang hanya membutuhkan dana minim. Selanjutnya, layanan yang semakin dikenal oleh masyarakat akan membuat startup buatanmu semakin berkembang.

Berpikiran terbuka

Walau sudah memiliki ide dan rancangan startup, kamu tetap perlu memiliki pikiran terbuka dengan memperhatikan feedback, terutama dari para user. Bagaimanapun juga startup ini dibuat dengan memanfaatkan teknologi untuk menjawab permasalahan yang dialami masyarakat. oleh karena itu, tidak ada salahnya meluncurkan startup dalam tahap beta atau pre-launching sehingga punya kesempatan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.

Tingkatkan Kemampuan dan Relasi

Puas dengan kemampuan yang sekarang dimiliki akan membuatmu sulit maju. Asah terus kemampuanmu dengan mengikuti seminar atau workshop yang dapat meningkatkan pemahamanmu dalam membangun startup.

Selain itu, kembangkan juga kemampuanmu dalam memperluas networking. Hal ini akan membuka jalan melakukan kolaborasi dengan pihak lain sehingga sama-sama mendapatkan keuntungan. Mulailah rajin mengunjungi coworking space, dimana kamu bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai profesi, seperti founder startup, freelancer, programmer, bahkan investor.

Siap membangun startupmu sendiri? Mulailah dengan mengikuti The NextDev 2018 yang akan digelar di Batam (Juli), Samarinda (Agustus), Yogyakarta (September), dan Jakarta (Oktober). Segera matangkan konsep startup yang dimiliki dan submit segera di www.thenextdev.id! [aki]

shares